Berbagi Asa di Rumah Singgah

Berbagi Asa di Rumah Singgah


Terkumpul
Rp 45.349.558 dari Rp 700.000.000

Hari Lagi

Penggalang Dana :

explore!
Identitas Lembaga Terverifikasi

Bagikan program ini melalui :

Berbagi Asa di Rumah Singgah


Bilqis Nadila salasatu pasien diantara pasien-pasien lain yang ditampung di Rumah Singgah Al-Fatih. Bilqis adalah anak seorang buruh tani yang berusia lima tahun, menderita penyakit tumor otak dan hidrosefalus. Ia ditemani sang Ibu tinggal di Rumah Singgah Al-Fatih yang belokasi tidak jauh dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, untuk menjalani perawatan intensif. Selama menjalani perawatan, tidak hanya akomodasi yang ditanggung oleh Rumah Singgah, namun biaya untuk membeli obat-obatan yang tidak ditanggung oleh BPJS pun rupanya ditanggung oleh Lembaga yang sudah didirikan enam tahun silam tersebut.


Rumah Singgah Al-Fatih sendiri didirikan untuk menampung khusus pasien anak-anak yang sedang diuji sakit keras, seperti kanker, leukimia, hidrosefalus, dan lain-lain yang sedang menjalani rawat inap maupun rawat jalan di RSHS, dengan daya tampung maksimal sebanyak 20 pasien beserta keluarga inti. Sebagian besar pasien berasal dari luar kota Bandung dan tidak memiliki sanak saudara di kota Bandung. Rumah Singgah Al-Fatih sendiri didirikan pada tanggal 10 Oktober 2016 dan diresmikan di hadapan notaris pada tanggal 28 Desember 2017.


Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung sendiri adalah salah satu rumah sakit negeri di kota Bandung yang menjadi rujukan bagi pasien-pasien penderita sakit keras yang membutuhkan perawatan intensif. Tidak sedikit pasien yang dirujuk berasal dari luar kota Bandung. Mayoritas pasien berasal dari masyarakat dengan kondisi ekonomi menengah-ke bawah. Meskipun sebagian biaya perawatan dan pengobatan gratis dengan menggunakan fasilitas BPJS, namun tidak semua biaya bisa di-cover, begitu pula dengan biaya transportasi dan biaya hidup selama menjalani proses pengobatan tentunya menjadi persoalan tersendiri bagi pasien-pasien tersebut. Tidak sedikit pasien yang “menyerah” di tengah jalan karena persoalan ekonomi. Inilah yang melatarbelakangi didirikannya Rumah Singgah Al-Fatih.


Semua kegiatan yang dilakukan di Rumah Singgah Al-Fatih dilakukan tanpa memungut biaya (gratis) dari para pasien, di antaranya:

  • Menyediakan tempat menginap sementara bagi pasien dan keluarga pasien
  • Menyediakan makan dan minum bagi pasien dan keluarga pasien
  • Menyediakan obat-obatan yang tidak di-cover BPJS
  • Pendampingan dalam memenuhi kebutuhan administrasi rumah sakit
  • Menyediakan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan pasien
  • Menyediakan fasilitas transportasi dari tempat asal pasien sampai ke rumah singgah dan sebaliknya

Orang-orang baik, peluang amal terbuka lebar, Kalian bisa bersedekah untuk membantu Bilqis dan juga pasien lainnya yang tengah ditampung di Rumah Singgah tersebut. Nantinya sedekah kalian akan kami distribusikan untuk membantu memenuhi kebutuhan operasional serta obat-obatan yang dibutuhkan oleh adik-adik kita di Rumah Singgah Al-Fatih.


Silakan salurkan donasi terbaikmu dengan cara:

  1. Klik “SEDEKAH SEKARANG”
  2. Masukan nominal sedekah terbaikmu
  3. Pilih metode pembayaran lalu transfer ke nomor rekening yang tertera

Bantu juga bagikan halaman ini agar lebih banyak doa dan bantuan yang terkumpul.

Disclaimer: Implementasi program bisa berubah sesuai dengan kondisi di lapangan, kami memohon keikhlasan para donatur bila dana yang disedekahkan dialihkan untuk program kemanusiaan lainnya sesuai dengan perkembangan kondisi di lapangan.